Monday, July 30, 2012

Logout via Terminal

6 comments
Adakalanya bisa masuk desktop tapi gak bisa logout.
Bisa Masuk, Gak Bisa Keluar
Jadi ceritanya gini, kalo kita install lxde kan otomatis openbox akan ikut  terinstall. Ketika mau login kan ada pilihannya mau login pake desktop yang mana.
Iseng-iseng masuk pake openbox eh..isinya cuma layar kosong gak ada panelnya. Lha terus ini makeknya bagaimana?? Ternyata menu-menunya ada muncul dengan klik kanan pada desktop.
Tapi gak enak donk..layar desktop gak ada panelnya, rasanya gak afdol. Maunya jalanin via 'run aplications' pake 'F2' tapi koq gak muncul jendela 'run applications'nya?? Yawdah lewat terminal aja deh...daripada repot-repot klik kanan pencet aja Ctrl+Alt+t buat munculin terminal.
Di terminal ketik
lxpanel
akhirnya muncul deh itu panel punyaannya LXDE. Tapi itu layar terminal gak boleh ditutup soalnya panelnya ikut ketutup ntar.

Masalah muncul waktu mau logout. Pake tombol logout yg ada di panel koq gak mau?? Mau logout via terminal gak tau command-nya -__-'

Ternyata bwt logout ada di menu 'exit' pas klik kanan desktop. :D

Oke. Problem solved.


Gak juga...

Berbekal pengetahuan yang minim dari pengalaman di atas, hari ini iseng nyoba masuk lagi pake openbox.
Loh..tampilannya koq beda?!? Ada wallpappernya yang dari LXDE. Waktu diklik kanan juga yang keluar menu LXDE,bukan menu openbox. 'Ctrl+Alt+t' juga gak mau munculin terminal, waduh..!!

...

setelah googling-googling ternyata perintah bwt logout adalah 'pkill' (sebenarnya bukan perintah logout sih).
sudo pkill -u username_kamu
contoh :


voila.. akhirnya masuk layar login lagi deh :p


 ...


Sebentar-sebentar.... tadi katanya gak bisa buka terminal? Lha ngetik perintahnya di mana?


Jawab : Tanya aja sama rumput yang bergoyang, hehe.. :D

Read more ►

Sunday, July 29, 2012

Aplikasi Penting (gak sih?!)

0 comments
"cowsay"

Ngeliat orang becandaan di MindTalk :D


akhirnya ikutan nginstall *iseng sangat :p



Read more ►

Saturday, July 28, 2012

Cara Cek MD5SUM

0 comments
Setelah mendownload file .iso (atau mungkin file apapun) pastikan untuk mengecek bahwa file yang kita download sudah sempurna/tidak corrupt.

Biasanya file-file tersebut menyertakan kode MD5SUM-nya di link downloadnya.

contoh:

Untuk mengecek MD5SUM di Ubuntu/Linux cukup melalui terminal. Caranya, masuk ke folder yang berisi file .iso tersebut kemudian ketik
md5sum nama_file.iso
Setelah menunggu beberapa saat akan muncul kode hasil cek md5sum.

contoh:

nah, cocokkan angka-angka yang muncul dengan angka-angka yang ada di situs downloadnya.

* ada kalanya kode md5sum disajikan dalam bentuk file.txt, jadi jangan lupa pula mendownload file tsb.
* SHA256SUM lebih aman daripada MD5SUM
Read more ►

Saturday, July 21, 2012

Selamat Berpuasa..

0 comments
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1433 H

Meskipun kita berbeda dalam memulainya tapi kita kan sama-sama mengakhirinya :D


Read more ►

Wednesday, July 18, 2012

Screenshot 20120718

0 comments
-GNOME
-theme : Air
-icon : All Color you want Any Color You Like + areao43 (ver.Amree)
-extension:axe menu,sys monitor,cpu temp,
-Audacious:mendekati ramadhan, jd yg diputer murrotal grin
Read more ►

Monday, July 9, 2012

Peppermint Three Release: July 23, 2012

0 comments

Peppermint 3 sebentar lagi rilis tanggal 23 Juli 2012. 
 
Copy Paste dari peppermintos.com
Hello from Peppermint Headquarters in the gorgeous mountains of western North Carolina, USA. There’s been a lot of waiting and anticipating for the latest iteration of our operating system, Peppermint Three and we are just about ready to deliver.
After this final phase of  tweaking and then a short rigorous testing period, we are happy to announce a projected release date, available right here at the official website on Monday July 23, 2012
We really appreciate everyone’s patience as we make sure the recipe is just right so we can offer you the absolute best version of Peppermint that has been released to date.  We are super excited and can’t wait for you to see what we have to offer.  Stay tuned and look for Peppermint Three on Monday July 23rd, 2012
Cheers,
Team Peppermint

sumber: peppermintos.com
Read more ►
 

Copyright © BiruDaon Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger